ALAT MUSIK TRADISIONAL BANGKA BELITUNG

alat musik bangka belitung
Alat musik tradisional adalah sebuah instrumen musik atau alat musik yang menjadi ciri khas suatu daerah yang diwariskan secara turun-temurun. Alat musik tradisional diciptakan di daerah tertentu sehingga nama, bentuk, serta ciri alat musik setiap wilayah berbeda dengan wilayah lainnya.

Meski ada beberapa alat musik yang bentuknya terlihat mirip, perbedaan akan selalu ada. Bisa itu dari namanya, cara memainkan, maupun fungsinya. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut daftar alat musik tradisional Bangka Belitung. 

1.   Dambus

Dambus merupakan kesenian khas masyarakat Bangka Belitung yang menggunakan alat musik dan lagu-lagu khas dambus sendiri. Alat musik dambus merupakan alat musik tradisional khas Bangka Belitung yang memiliki bentuk mirip dengan gitar.

Alat musik ini terdiri dari kepala yang berbentuk kepala rusa, senar dan juga badan dambusnya.  Sesungguhnya alat musik dambus sudah ada sejak zaman dahulu kala dalam adat melayu, namun seiring berjalannya waktu, Bangka Belitung memiliki ciri khas tersendiri untuk alat musik dambusnya.

dambus
Lantunan nada yang dihasilkan dari petikan senarnya begitu pas dengan irama musik melayu.  Sedangkan lagu-lagu dambus diciptakan oleh masyarakat pribumi/asli kepulauan Bangka Belitung.

Lirik lagunya menggunakan bahasa pengantar yakni bahasa melayu dengan menceritakan dan menggambarkan adat melayu, mengandung norma-norma adat dan nilai keagamaan.

Lagu ini diiringi oleh musik dambus yang berasal dari lantunan nada alat musiknya.

 

2.   Rebana

Rebana adalah salat satu alat musik tradisional yang juga dapat ditemukan dan dimainkan oleh masyarakat Bangka Belitung. Sebagai salah satu alat musik tradisional melayu, rebana juga bisa ditemukan di provinsi lainnya di Indonesia, walaupun dengan nama yang berbeda.

Seperti di Provinsi Riau, rebana disebut juga dengan Kompang. Alat musik rebana merupakan alat musik tradisional yang berbentuk bulat dan dibunyikan dengan cara dipukul.

rebana

Rebana ini sering digunakan untuk mengiringi musik dambus, atau dipertunjukan secara mandiri pada acara-acara tertentu seperti pada acara festival seni daerah, qasidah pengajian-pengajian, ataupun untuk menyambut tamu istimewa dengan iring-iringan tertentu.

 

3.   Gambangan

Gambangan adalah merupakan alat musik tradisional menyerupai alat musik marimba atau gamelan di Jawa dan Bali. Namun alat musik tradisional asli Belitung ini ternyata sudah ada sejak zaman dahulu. 

Alat musik gambangan ini terbuat dari bahan kayu lempung atau kayu yang ringan seperti meranti, medang, libut, dan sengkrubong. Penggunaan jenis kayu tersebut sangat mempengaruhi kualitas suara yang dihasilkan oleh Gambangan.

gambangan

Kayu nomor satu yang dianggap paling bagus adalah kayu cengal dan kayu berubok. Akan tetapi saat ini jenis kayu tersebut sudah sangat langka.

Alat musik gambangan terdiri dari 7 atau 5 potong kayu yang disusun berderet dengan masing-masing kayu akan menghasilkan nada yang berbeda. Alat musik gambangan asli Bangka Belitung ini dimainkan dengan cara dipukul

 

4.   Caklemong

Alat musik tradisional ini dimainkan dengan cara dipukul. Caklemong memiliki bentuk yang menyerupai dengan instrumen bonang dalam komponen gamelan.

Alat musik yang bisa disebut talempong ini dibuat dari bahan kuningan, dan ada pula yang dibuat dari bahan kayu dan batu. Namun, saat ini caklemong sering digunakan dari bahan kuningan.

caklemong

Caklemong memiliki ukuran kecil dengan bentuk yang mirip periuk dan melengkung ke bawah. Pada bagian muka caklemong licin dan pada bagian tengah mukanya berbentuk cembung.

Alat musik ini dimainkan sebagai pengiring tarian tradisional seperti tari Piring, tari Lilin, Wayang Kulit dan lain-lain.

 

5.   Gendang Melayu

Alat musik tradisional ini dimainkan dengan cara dipukul. Sama seperti gendang pada umumnya, gendang melayu ini dibuat dari bahan kulit hewan seperti kerbau, kambing dan juga lembu.

Gendang melayu juga masih termasuk ke dalam anggota genderang, yang suaranya dihasilkan dari membrafon. Gendang melayu juga menjadi alat musik khas suku Melayu dan alat musik tradisional khas Kepulauan Bangka Belitung.

gendang melayu

Alat musik ini dimainkan pada waktu pentas seni bela diri pencak silat dan juga menjadi penegas gerakan ketika melakukan jurus khusus atau mempercepat tempo.

Di Indonesia tepatnya di beberapa daerah, gendang melayu dijadikan sebagai alat musik pengiring pengantin atau pengisi acara pementasan.

 

6.   Gong

Alat musik tradisional gong ini merupakan alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara dipukul. Instrumen atau waditra nya dibuat dari perunggu atau logam lain yang berbentuk bundar besar seperti kuali.

gong

Alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul menggunakan alat pemukul yang empuk, dengan posisi digantung dengan menggunakan tali (digayor).

Waditra yang disebutkan sebelumnya berguna sebagai tanda akhir kalimat lagu atau tanda pada bentuk-bentuk gending.

 

7.   Rebab

Alat musik tradisional ini tersebar melalui jalur perdagangan Islam yang lebih banyak. Awalnya alat musik rebab ini paling lambat dinamakan dari abad ke-8.

Beberapa bentuk alat musik rebab ini mempunyai tangkai pada bagian bawahnya agar rebab bisa bertumpu di tanah. Dan didaerah tertentu disebut rebab tangkai, tetapi ditemukan beberapa versi yang dipetik seperti kabuli rebab.

rebab

Biasanya, rebab mempunyai ukuran kecil dengan bentuk badan yang bulat, bagian depan yang terjangkau dalam suatu membran seperti kulit domba dan mempunyai leher panjang terpasang.

Ada pula bentuk leher panjang dengan degbox pada akhir dan ada satu, dua atau tiga senar. Alat musik rebab ini diposisikan tegak, bisa itu dengan bertumpu di pangkuan atau di lantai. Biasanya pada busur lebih dibentuk melengkung daripada biola.

 

8.   Suling

Alat musik tradisional asal Bangka Belitung ini memiliki keindahan corak yang diukir dan terlihat lebih menonjol daripada alat musik suling biasa.

Sama seperti permainan suling lainnya, alat musik ini dimainkan dengan cara ditiup sambil menutup beberapa lubang yang akan menghasilkan nada berbeda.

Bagi masyarakat Bangka Belitung, alat musik ini banyak diminati dan begitu dikenal dengan keunikannya.

 

suling bangka

9.   Serunai

Alat musik tradisional ini mungkin lebih dikenal sebagai alat musik tradisional khas Minangkabau, yang ternyata ditemukan sejak 400 tahun di Membalong, Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.

Kini, populernya alat musik serunai di Bangka Belitung mulai terancam punah. Di Pulau Belitong alat musik serunai ini sering digunakan sebagai pengiring permainan Beripat Beregong.

 

serunai

Referensi :

https://wonderful.pangkalpinangkota.go.id/dambus__trashed/

https://tambahpinter.com/alat-musik-bangka-belitung/

http://wadaya.rey1024.com/budaya/detail/gong

https://bangka.tribunnews.com/2015/05/05/ini-alat-musik-gambangan-khas-belitong-hasilkan-nada-merdu

No comments:

Post a Comment